Selasa, 25 November 2014

IPTEK DAN LINGKUNGAN



Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Untuk Masyarakat Pedesaan.

      PTLMH atau Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro pada dasarnya adalah PLTA berskala kecil. Pembangkit listrik ini memanfaatkan tenaga air sebagai tenaga penggeraknya seperti saluran irigasi, air terjun alam, atau sungai dalam skala kecil. Perbedaan antara Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan tenaga mikrohidro terutama pada besarnya tenaga listrik yang dihasilkan, PLTA dibawah ukuran 200 KW digolongkan sebagai mikrohidro. Dengan demikian, sistem pembangkit mikrohidro cocok untuk menjangkau ketersediaan jaringan energi listrik di daerah-daerah terpencil dan pedesaan.
PLTMH Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Listrik Murah dan Bersih dengan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro
PLTMH – Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro
Keuntungan Pembangkit Listrik Tenaga Air dan Tenaga Mikrohidro jika dibandingkan dengan pembangkit listrik jenis yang lain adalah lebih murah karena menggunakan energi alam, dan tidak menimbulkan pencemaran.
Jika dibandingkan dengan PLTA skala besar, beberapa keuntungan PLTMH ini adalah memiliki konstruksi yang sederhana dan dapat dioperasikan di daerah terpencil dengan tenaga terampil penduduk daerah setempat dengan sedikit latihan, kemudian dapat dipadukan dengan program lainnya seperti irigasi dan perikanan serta dapat mendorong masyarakat agar dapat menjaga kelestarian hutan sehingga ketersediaan air terjamin.


KEUNTUNGAN DAN MANFAAT PLTMH

Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga MINI/MIKRO HIDRO memiliki beberapa keuntungan yang membuatnya menjadi pilihan, diantaranya sebagai berikut :
  • Memanfaatkan sumber energi yang terbarukan .
  • Teknologi yang ramah lingkungan karena tidak memerlukan infrastruktur yang besar karena bisa memanfaatkan aliran langsung dari sungai(Run River) sehingga tidak mengganggu ekologi/lingkungan.
  • Produk dan teknologi hasil Penelitian dalam negeri
  • Biaya pengoperasian dan pemeliharaannya murah.
  • Sistemnya sangat sederhana dan memiliki ketangguhan yang baik, sehingga dapat diandalkan. 
sumber : http://ndoware.com/listrik-murah-dan-bersih-dengan-pembangkit-listrik-tenaga-mikrohidro.html
sumber : http://micro-hidro.blogspot.com/2009/12/latar-belakang-keuntungan-dan-manfaat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar